Ahlan wa Sahlan

Senin, 15 Januari 2018

Jaringan Komputer


Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap


Mendengar Jaringan Komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian para pengguna komputer dan sering menggunakan komputer dalam kegiatannya. Istilah jaringan komputer sering diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi 

 

  


Macam-Macam Jaringan Komputer dan Pengertianya


Istilah jaringan komputer juga dapat kita artikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua computer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang di bawa pengirim (transmitter) dapat sampai ke penerima (receiver)


Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi antara satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperoleh suatu data yang relevan.


Manfaat Jaringan Komputer


Terdapat banyak sekali manfaat yang didapatkan dari jaringan komputer antara lain :

    Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah di sebarluaskan melalui suatu jaringan, seperti jaringan internet.
    Jaringan komputer membantu seseorang berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai Negara dengan mudah.
    Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan menghemat waktu.
    Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
    Dengan jaringan komputer, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, ataupun vidieo secara real time dengan bantuan jaringan computer.


Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam – macam jaringan komputer dikelompokan dalam 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauannya, distribusi sumber informasi atau data, media transmisi data, peranan dan hubungan dari setiap komputer dalam memproses data, jenis topologi yang digunakan

1. Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya


jenis-jenis jaringan komputer    LAN (Local Area Network) adalah jaringan yang memiliki jangkauan wilayah yang relatif kecil. Umumnya jangkauan LAN sekitar 1km. LAN biasanya Hanya dalam wilayah perkantoran, kampus, warnet dan sekolah.
 

 MAN  MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan yang dimiliki jangkauannya wilayah yang luas sekitar 50 km. jaringan ini biasanya digunakan sekolah, perusahaan bahkan kota. MAN memiliki 1-2 kabel yang tidak dilengkapi oleh elemen switching.
 
wan  WAN (Wide Area Network) adalah jaringan yang memiliki jangkauan wilayah sangat luas yang mencakup dengan menghubungkan suatu wilayah, Negara atau bahkan benua. Pada umumnya WAN kumpulan dari beberapa jaringan local (LAN) yang di butuhkan oleh router.

 

 

2. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi Atau Data


Jaringan Terpusat A. Jaringan Terpusat

Jaringan Terpusat adalah jaringan yang terdiri dari computer client dan computer server dimana computer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari computer server. Dalam Jaringan Terpusat terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu),dima terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

 


Jaringan TerdistribusiB. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa computer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.



 

 3. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan


A. Jaringan Berkabel (Wired Network)

jenis-jenis jaringan komputerMedia transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar saling bertukar informasi (data) atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.



B. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

wirelessDalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (Wired Network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi (data) dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi (data) antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.

 

 

 4. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data


A. Jaringan Client-Server

Client - ServerJaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client. Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.



B. Jaringan Peer to Peer

peer-to-peerDalam jaringan ini masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.

 

 

5. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan


Topologi jaringan komputer merupakan bentuk atau struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain.



Itulah Manfaat,Pengertian Dan Macam Macam Jaringan Komputer. Setelah membaca definisi diatas kalian akan mengetahui tentang manfaat dan Macam – Macam Jaringan Komputer. Nah bagi kamu yang memiliki pertanyaan seputar artikel di atas, Kamu dapat menanyakan di kolom komentar yang sudah di sediakan di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi kalian semua jangan lupa share ke teman teman kamu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jaringan Komputer

Pengertian, Manfaat dan Macam-Macam Jaringan Komputer Lengkap Mendengar Jaringan Komputer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian ...